Beranda Breaking News Sambut Tantangan Musim Mas, SAHARA Minta ISPO Tunda Sertifikasi

Sambut Tantangan Musim Mas, SAHARA Minta ISPO Tunda Sertifikasi

545
0
Sahara
Sahara

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com – Setelah membaca berita klarifikasi pemberitaan yang disampaikan manajemen PT Musim Mas dan telah dipublis salah satu media online, Senin (31/8/2020), Yayasan lingkungan hidup Sahabat Alam Raya (SAHARA), melalui kabid. Investigasi, Mattheus, Selasa (1/9/2020) saat ditemui media ini di Pekanbaru merespon dengan baik.

“Kita sangat senang dengan apa yang disampaikan pihak manajemen. Memang keterbukaan itu sangat penting agar benang kusut persoalan lingkungan di Riau, khususnya di kabupaten Pelalawan ini bisa diurai. Itu juga membuktikan bahwa polanya mulai berubah, dulu perusahaan kesannya menutup diri, sekarang terbuka,” ujar Mattheus mengawali perbincangan.

Lanjutnya lagi, permasalahan yang kita ketahui di areal perkebunan milik Musim Mas ini sangat kompleks. Semisal soal luas areal yang diduga melebihi izin Hak Guna Usaha (HGU), pelanggaran terhadap Daerah Aliran Sungai (DAS), Pemanfaatan Lindung Gambut dan ingkar janji yang diduga dilakukan oleh perusahaan terhadap hak masyarakat lokal.

Menurut Mattheus, statemen Manager Humas PT Musim Mas, Ibrahim, sama dengan undangan terbuka bagi aktivis lingkungan untuk segera melakukan audit investigasi lebih mendalam ke lokasi.

Selama ini kita selalu diam-diam dalam melakukan observasi, tetapi kali ini secara terbuka kita diperkenankan mengambil bukti-bukti penyimpangan yang dilakukan Musim Mas. Sungguh sebuah tantangan menarik bagi aktivis.

“Kita akan buktikan hasilnya setelah kita turun lapangan, agar menjadi referensi bagi ISPO dalam memberikan sertifikat. Namun sebelum hasil observasi lapangan kita sampaikan clear, kita minta ISPO tidak mengeluarkan sertifikat apapun, kalau diperlukan kita akan Surati ISPO secara resmi,” pungkas Mattheus.

Baca juga : Jelang Eksekusi, Semua Mata Melirik PTPN V

Sebagaimana dilansir salah satu media online pada tanggal 30 Agustus 2020 lalu dengan judul “Rusli ; PT Musim Mas Harus Selesaikan Masalahnya dengan Masyarakat Sebelum Sertifikasi ISPO Keluar”, pihak manajemen Musim Mas menyampaikan klarifikasinya.

Baca juga : Ini Daftar Tempat Hiburan dan Spa yang Tutup Selama Bulan Suci Ramadhan

Menariknya salah satu point penting yang menjadi catatan adalah ajakan Ibrahim selaku manager Humas kepada rekan wartawan yang akan menyampaikan berita terkait keberadaan PT Musim Mas diharapkan dapat melakukan cross check kebenaran data di lapangan dan berkoordinasi dengan manajemen PT Musim Mas.**(Batara)

Tinggalkan Balasan