Beranda Breaking News Proyek Air Minum Lanjutan Di Kota Dumai Dikerjakan Sistem KPBU Murni Investasi

Proyek Air Minum Lanjutan Di Kota Dumai Dikerjakan Sistem KPBU Murni Investasi

203
0
Proyek Air Minum Kota Dumai-Riau

DUMAI, SUARAPERSADA.com – Proyek penyediaan air minum di Kota Dumai dikerjakan dengan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) murni investasi dari pihak Investor.

PT Adhi Karya (persero) Tbk ini adalah perusahaan pihak kedua merupakan investor yang tertarik menanamkan modal atau investasinya dibidang pekerjaan pembangunan lanjutan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Dumai, Riau.

Perusahaan semi plat merah ini (Adhi Karya) bekerja sama atau Kerja Sama Operasional (KSO) dengan PT Adaro Kerta Mandiri membangun proyek air minum di Kota Dumai melanjutkan pembangunan yang sebelumnya jaringan instalasi pipa yang sudah tersedia/tertanam di bawah tanah oleh perusahaan konsorsium sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya PUPR Pemko Dumai, Riau Satrya Alamsyah, kepada media ini, Kamis (15/10-2020) dikantornya menjelaskan  bahwa PT Adhi Karya persero tbk merupakan perusahaan pemenang tender terhadap investasi SPAM di Kota Dumai dilakukan dengan sistem KPBU.

Penandatanganan perjanjian kerjasama pembangunan SPAM di Kota Dumai antara Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dengan pihak investor tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu.

Direktur PDAM Tirta Dumai Bersemai mewakili Pemko Dumai menandatangani surat perjanjian kerjasama sebagai penanggungjawab pelaksanaan kerjasama dengan Badan Usaha Pelaksana (BUP) PT Dumai Tirta Persada merupakan perusahaan yang dibentuk oleh Adhy Karya dan PT Adaro Kerta Mandiri, imbuh Riau.

Diakui Riau Satrya yang menyebut bahwa proyek air minum merupakan gawenya pihak PDAM Pemko Dumai mengatakan, bahwa pelaksanaan pekerjaan membangun SPAM sistem KPBU tersebut ber kapasitas 450 liter per detik namun pembangunannya berdasarkan dua tahap.

Tahap pertama ; Pembangunan SPAM untuk kapasitas 50 liter per detik sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 – 2020 dan berlanjut pembangunan berkapasitas debit air 200 liter per detik dibangun pada tahun 2021 – 2022.

Sedangkan pembangunan tahap dua SPAM Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas air 200 liter per detik dilaksanakan pada tahun 2023.

Menurut Riau Satrya Alamsyah, total investasi kegiatan SPAM IPA oleh investor (Adhy Karya kso PT Adaro Kerta Mandiri) sebesar Rp 449 miliar termasuk anggaran pembangunan SPAM lanjutan tahap dua yang investasi KPBU selama 25 tahun.

Investasi sebesar Rp 449 miliar juga termasuk biaya pembangunan SPAM melanjutkan pembangunan Intake (mesin pompa) dan pembangunan jaringan khusus ke daerah industri Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, jelas Riau yang akrab disapa pak Rio tersebut.

Dengan besaran investasi SPAM Kota Dumai sistem KPBU sebesar Rp 449 miliar tersebut, maka Pemko Dumai melalui PDAM akan membeli air curah dari PT Dumai Tirta Persada (perusahaan yang dibentuk Adhi Karya dan PT Adaro Kerta Mandiri-red).

Kemudian air curah dari PT Dumai Tirta Persada akan disalurkan ke masyarakat dengan berbayar ke PDAM milik Pemko Dumai. ** (Tambunan)

Tinggalkan Balasan