Atasi Banjir dan Bersihkan Drainase, Pemkab Pelalawan Kerahkan Empat Unit Alat Berat

0
16

PELALAWAN, SUARAPERSADA.com – Belakangan ini masyarakat di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, sangat mengeluhkan banjir yang menggenangi jalan dan bahkan rumah warga.

Selain musim hujan yang menjadi salah satu faktor, tersumbatnya saluran drainase juga menjadi penyebab utama banjir di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Terkait masalah banjir tersebut, Bupati Kabupaten Pelalawan H. Zukri Misran, SE tidak menunggu lama dan langsung cepat menanggapi keluhan masyarakat itu.

Bupati H. Zukri pun turun langsung meninjau sejumlah titik rawan banjir di wilayah Kelurahan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, pada hari Kamis (04/11/2021) bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PURP) Kabupaten Pelalawan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan.

Pantauan media, empat unit alat berat jenis Excavator diterjunkan untuk normalisasi drainase induk dan sekaligus membersihkan sejumlah paret yang tersumbat karena sampah-sampah rumahtangga.

Selain dua Dinas teknis tersebut, Bupati H.Zukri juga didampingi oleh Camat Pangkalan Kerinci,Lurah Kerinci Timur, Bhabinkamtibmas Pangkalan Kerinci, Ketua RT-02 dan Tim Tagana Kabupaten Pelalawan.

Ketua RT/RW serta masyarakat setempat sangat bersyukur dan berterimakasih atas atensi Bupati terhadap persoalan yang dikeluhkan masyarakat.

Kepada Media Cetak & Online, Ketua RT-02/RW-05 Baharudin mengatakan, Kami yakin dan percaya kehadiran beliau di sejumlah titik banjir ini sebagai bentuk kepeduliannya dalam mengatasi berbagai masalah yang dikeluhkan masyarakat sesuai Visi-Misinya.

Ia juga mengaku bangga terhadap kepemimpinan Bupati Zukri karena belum lama bertugas namun telah menunjukkan kinerjanya.

“Benar, walaupun beliau baru 6 bulan memimpin Kabupaten Pelalawan, dia sudah mulai memperlihatkan kinerjanya bahwa dia benar-benar mengutamakan pelayanan masyarakat di berbagai hal,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt (Pelaksana tugas) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, Awaludin, ST saat dikonfirmasi melalui Kabid (Kepala Bidang) Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, Malanton Lumban Gaol, ST, menjelaskan bahwa bupati telah meninjau beberapa titik banjir di wilayah Kelurahan Kerinci Timur.

“Ya, ada empat titik yang ditinjau dan sekaligus mengerahkan empat unit alat berat untuk mengatasi banjir ini. Titik banjir yang sedang diatasi ini di Jalan Lingkar Lintas Timur Kelurahan Kerinci Timur, Jalan Tengku Raja Lela Putra sebanyak 2 titik dan Jalan Lingkar di lingkungan Perumahan permata andalan,” katanya menerangkan. Ia menuturkan bahwa Bupati H.Zukri memberi perintah tugas agar seluruhnya titik masalah agar dibersihkan.

“Bupati H.Zukri telah menekankan kepada Dinas PUPR dan DLH untuk segera melakukan pembersihan seluruh saluran drainase yang tersumbat sampai bersih dan airnya lancar,” ucap Malanton.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan itu menambahkan, banjir di Kota Kecamatan Pangkalan Kerinci akibat hujan deras minggu terakhir.

“Ini sedang diatasi oleh Bupati H.Zukri dengan mengerahkan empat unit alat berat jenis Excavator termasuk Beko Loader untuk melakukan pembersihan (normalisasi) drainase yang tertutup akibat rumput dan sampah-sampah rumah tangga, ungkapnya.**(ADV / DIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here