Meriahkan HUT PSBI Ke-17,  PSBI Wilayah Pekanbaru Gelar Jalan Sehat

1
131

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) ke- 17, ratusan warga kota Pekanbaru yang tergabung dalam komunitas marga Simbolon, Boru, Bere/Ibere menggelar Jalan sehat, Sabtu (06/07/2024) pagi.

Ketua panitia HUT PSBI Wilayah Kota Pekanbaru ke-17 tahun 2024, Putra Simbolon,S.H menyampaikan,  kegiatan ini merupakan rangkaian  dalam memeriahkan Hari Jadi PSBI yang ke-17. Juga sebagai upaya PSBI Pekanbaru untuk merangkul warga PSBI yang ada di Kota Pekanbaru agar saling bercengkerama, bersilaturahmi pada momen HUT ke- 17 ini, sebut Putra.

Putra Niubungan Simbolon yang kerap disapa  Putra ini melanjutkan, jarak jalan sehat kali ini menempuh kurang lebih 3 kilometer. Dengan titik star dari Sekretariat PSBI Pekanbaru, Jalan Kaswari Nomor 10 Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Pekanbaru mengarah ke jalan Durian, Jalan Rajawali melewati Kantor Polsek Sukajadi.  “Nah di Kantor Polsek Sukajadi kita istirahat sebentar untuk memperkenalkan Komunitas PSBI dan mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-78. Selanjutnya melintasi jalan Ketitiran menuju jalan Kaswari dan titik Finis di Sekretariat PSBI Pekanbaru,”urai Putra Simbolon.

Ketua Panitia yang juga sebagai Pengacara ini menambahkan  Guna menciptakan suasana yang menyenangkan, Panitia dan BPH PSBI Pekanbaru membagikan kepada peserta, yakni: Kaos danTopi PSBI, menyediakan serapan pagi serta Kuis dengan hadiah menarik, ucapnya.

Lagi kata Putra Simbolon, kegiatan Jalan Sehat ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan, untuk acara puncak HUT PSBI Ke-17 ini, akan dilaksanakan besok, Minggu (07-07-2024) bertempat di Fajar Residence Jalan Fajar nomor 73 Labuh baru Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru, tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Punguan Simbolon Dohot Boru Indonesia (PSBI) Wilayah Kota Pekanbaru, St.Makmur Tumanggor, S.E mengatakan, kegiatan Jalan Sehat oleh Komunitas PSBI Wilayah Kota Pekanbaru ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT PSBI yang ke-17. Puji Tuhan berlangsung dengan baik sesuai harapan kita. Semoga PSBI di seluruh Indonesia bahkan di Luar negeri semakin baik. Khusus untuk kota Pekanbaru, BPH PSBI akan berupaya memberikan yang terbaik. Kami juga menghimbau seluruh komunitas Simbolon, boru,bere ibebere untuk bersama sama untuk PSBI semakin jaya.

Seperti Kata pepatah atau Uppama mengatakan “MARSIAMIN AMINAN SONGON LAMPAK NI GAOL MARSITUNGKOL TUNGKOLAN SONGON SUHAT DI ROBEAN, harapnya.

Untuk kegiatan HUT PSBI ke-17 di wilayah Pekanbaru, kita sengaja mempercayakan kepada Muda-mudi atau Naposo PSBI Pekanbaru selaku Panitia Pelaksana, karena merekalah sebagai generasi penerus di masa mendatang, juga agar anak-anak kita mengenal jati dirinya dalam silsilah sebagai keturunan marga Simbolon, paparnya.

Makmur Tumanggor yang juga pelaku usaha ekonomi kerakyatan ini menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemko Pekanbaru melalui Plt.Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Mirwansyah siregar yang menghadiri jalan sehat ini sekaligus menyerahkan Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi Kemasyarakatan (SPKOK) PSBI Pekanbaru sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas,terangnya.

Dengan  telah kita terimanya SPKOK tersebut, maka PSBI Pekanbaru menjadi organisasi yang diakui oleh Pemerintah.  “Untuk itu, PSBI Pekanbaru akan tetap mendukung program pemerintah, khususnya Pemko Pekanbaru demi Pekanbaru yang semakin maju,” terangnya.

“Kami atas nama PSBI wilayah Kota Pekanbaru menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum (Ketum) PSBI, bapak Dr.Effendi Muara Sakti Simbolon, M.Ipol, karena beliaulah PSBI bisa hadir di republik ini. Jasa dan kepedulian beliau terhadap komunitas marga Simbolon sangat luar biasa. Semoga Ketua Umum dan keluarga sehat, sukses, panjang umur dan dilindungi oleh Tuhan,” do’a Makmur.

Dalam kesempatan tersebut, Penasehat PSBI Pekanbaru yang juga tokoh Batak Riau, Helman Simbolon yang dikenal Oppung Natalia Simbolon, mengaku bangga kepada Badan Pengurus Harian (BPH) serta Panpel HUT PSBI ke -17 Pekanbaru yang telah bekerja keras, sehingga kegiatan Jalan Sehat berlangsung dengan baik.

Helman Simbolon berpesan kepada BPH PSBI Pekanbaru agar kedepannya bisa menciptakan berbagai program untuk memajukan PSBI secara umum dan khususnya untuk Pekanbaru, pesan nya.

Nappso PSBI Pekanbaru, Selaku Panitia Pelaksana HUT PSBI Ke-17 Pekanbaru

Pengurus Pusat PSBI untuk Wilayah Riau, EJ Miduk Simbolon, memberikan apresiasi kepada BPH Pekanbaru dan Naposo PSBI, atas kerja kerasnya. Karena dengan waktu singkat mereka mampu mempersiapkan segala sesuatunya, dan kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

Saya mewakili pengurus Pusat PSBI bangga kepada pengurus PSBI yang baru seumur Jagung menerima mandat. Dan prestasi PSBI Pekanbaru ini akan kita laporkan ke Ketum, bapak Effendi Muara Sakti Simbolon besok di Jakarta, ujar EJ Miduk Simbolon.

Ditempat terpisah, Kapolsek Pekanbaru, Jorminal Sitanggang melalui Babinkamtibmas Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, menyambut baik kegiatan yang digelar PSBI Pekanbaru dan mengajak seluruh warga yang tergabung dalam PSBI untuk bersama sama memelihara kerukunan, menjaga keamanan dan kenyamanan di kota Pekanbaru. “Kami siap mengamankan kegiatan Jalan Sehat warga PSBI Pekanbaru,” sebut Babinkamtibmas.

Sementara Plt Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Mirwansyah siregar dalam arahan dan sambutannya mengaku senang dapat menghadiri Jalan Sehat PSBI Pekanbaru. Ia berharap agar kegiatan serupa bisa sering terlaksana karena selain bersilaturahmi juga menyehatkan badan, ucapnya.

“Hari ini Pemko Pekanbaru menyerahkan surat legalitas berupa Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi Kemasyarakatan PSBI Pekanbaru, dengan demikian PSBI Pekanbaru telah diakui Pemerintah kota Pekanbaru. Kami mengajak warga PSBI untuk bersinergi dengan Pemerintah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Mirwansyah juga menghimbau seluruh komunitas marga Simbolon, Boru, bere/Ibebere Pekanbaru untuk turut serta mensukseskan Pilkada Riau dan Pilwako Pekanbaru yang akan berlangsung pada bulan November 2024 mendatang. “Kedepan jika ada kegiatan Kesbangpol Pekanbaru yang berkaitan dengan organisasi kemasyarakatan, kami akan melibatkan PSBI Pekanbaru,” terang Mirwansyah.

Pantauan media ini, kegiatan Jalan Sehat PSBI Pekanbaru diikuti lebih kurang 200 peserta, yang dilanjutkan dengan kegiatan kuis berhadiah. Serta berlangsung pula latihan paduan suara (Koor) Ina PSBI Pekanbaru yang di pandu oleh Jolly Tinambunan yang juga sebagai Wakil Ketua PSBI Pekanbaru.(jsR).

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan