Anton : Kita Fungsikan Lagi Aliran Sungai Bagi Ekosistem Sekitar, PUPR Rohul Normalisasi Sungai Tandun

0
7

ROHUL, SUARAPERSADA.com- Pemkab Rokan Hulu melalui Dinas PUPR Rohul kembali melakukan normalisasi aliran Sungai Tandun. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan lagi fungsi sungai bagi kelestarian alam dan ekosistem sekitar.

Tak dipungkiri, dengan sedemikian banyaknya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Rohul, termasuk yang berada di sepanjang aliran sungai Tandun menjadi faktor tercemar nya aliran sungai, belum lagi perubahan alam akibat pemanasan global yang dapat mengakibatkan erosi akibat terkikis nya tanah di sekitar sungai.

Kadis PUPR, Anton mengatakan kegiatan normalisasi sangat dibutuhkan dan segera dilaksanakan. “Urgensi nya saat ini sudah mendesak dan harus secepatnya dilakukan”, ucap Anton, Kamis (4/7)

Lanjut Anton,  kegiatan normalisasi ini dapat memperlancar aliran air sungai, sehingga dapat mengurangi resiko banjir dan erosi. “Upaya ini juga diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bergantung pada lahan”, terang Anton lagi.

Untuk informasi, Kegiatan ini dilaksanakan oleh CV. Empat Putra sebagai penyedia dan CV Fauja ARC sebagai konsultan, dengan Nomor Kontrak 610/NS.49/SPk/AIR/IV/2024. Pagu anggaran sendiri senilai 199.215.000 juta rupiah dan berasal dari APBD T.A 2024.

Di tempat terpisah, Kades Tandun, Zulheri mengucapkan terima kasih atas pekerjaan normalisasi yang dilakukan, khususnya bagi Anton sendiri. “Saya atas nama Kades Tandun berterima kasih atas pekerjaan yang PUPR lakukan, ke depan untuk program selanjutnya semoga ada prioritas kembali untuk Desa Tandun”, tutup Kades.***(DS)

Tinggalkan Balasan