Beranda Breaking News Manager Corporate Communications PT CPI Jelaskan Kronologis Tumpahnya Minyak Mentah Dipelabuhan...

Manager Corporate Communications PT CPI Jelaskan Kronologis Tumpahnya Minyak Mentah Dipelabuhan Dumai

111
0
Upaya Pembersihan Permukaan Air Laut Dari Tumpahan Minyak Oleh Pihak CPI

DUMAI, SUARAPERSADA.com – Terkait viralnya pemberitaan pasca tumpahnya ribuan barrel minyak mentah milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di dermaga pelabuhan dumai, crew  suarapersada.com berupaya konfirmasi dan klarifikasi kepihak CPI, Selasa (2/3) melalui nomor WhatsAppnya, humas PT CPI. Humas CPI, menyebutkan bahwa tumpahan minyak sudah dibersihkan.

“PT. Chevron Pacific Indonesia sudah berhasil mengumpulkan dan membersihkan 99% tumpahan minyak mentah di Pelabuhan PT CPI Dermaga 4 Dumai”, jawab Soenitha Poernomo, selaku Manager Corporate Communicatios PT CPI lewat pesan tertulis humas CPI, Rinta.

Menurutnya, tumpahan minyak mentah terjadi disebabkan adanya kebocoran pipa di pelabuhan CPI pada Sabtu 27 Februari 2021 lalu. “Pada saat kejadian, pipa di pelabuhan dermaga #4 tidak sedang digunakan”, ujar Sonitha Poernomo.

Dijelaskan Sonitha Poernomo, pasca kejadian pihak PT CPI segera memperbaiki pipa yang bocor dan memasang oil boom untuk mencegah penyebaran dan melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengisolasi dan
mengumpulkan tumpahan, jawabnya.

Dalam klarifikasi tertulis Soenitha Poernomo, Pjs. Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Haryanto Syafri mengatakan,
“Berdasarkan pantauan terdapat tumpahan minyak sekitar 8,4 barel, sebutnya.

Dijelaskannya, tumpahan minyak CPI terjadi akibat bocornya pipa. SKK Migas telah dihubungi sejak hari Sabtu lalu dan PT CPI dengan cepat dan tanggap telah melaksanakan prosedur keselamatan yang mementingkan perlindungan terhadap masyarakat dan lingkungan, tambahnya.

PT CPI juga telah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah, salah satunya Kementrian Lingkungan Hidup yang hari ini hadir langsung untuk meninjau lokasi
dan mengevaluasi. PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau.

Untuk diketahui, dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan
yang sangat terampil dan berdedikasi. PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhanekonomi Indonesia. ** (Tambunan)

Tinggalkan Balasan