Beranda Breaking News KNPI Kampar Siap Mendukung, PPJI Riau Akan Patenkan Produk Kuliner...

KNPI Kampar Siap Mendukung, PPJI Riau Akan Patenkan Produk Kuliner Khas Daerah Kampar

63
0
Ketua KNPI Kampar Bersama Pelaku Usaha Kuliner Makanan khas Kampar

KAMPAR, SUARAPERSADA.com–Untuk memajukan usaha kuliner khas daerah di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar, Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga (PPJI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar, berkomitmen akan mematenkan makanan kuliner Khas Daerah.

Hal ini disampaikan Ketua DPD PPJI Provinsi Riau, Alfa Noni, saat kunjungannya di Kabupaten Kampar, yang terkesan dengan banyaknya makanan khas kuliner Kampar. “Saya terkesan dengan Kuliner Kampar ini, makanan kulinernya sangat menggiurkan dan membuat ingin terus mencobanya,” akunya, Rabu (07/4) sore.

Menurut Alfa Noni, PPJI hadir di Kampar bertujuan untuk mewadahi bisnis kuliner daerah. Sehingga produk kuliner daerah ini bisa dipasarkan di tingkat nasional dan internasional. Karena kita orang Indonesia ini banyak lupa, ternyata makanan kuliner milik kita sangat nikmat sekali dari pada makanan yang diluar negeri sana. “Jadi peluang bisnis kuliner daerah ini harus kita kembangkan,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, PPJI Riau dan Kampar akan melakukan pendataan makanan khas kuliner daerah ini, yang banyak sekali jumlahnya. Setelah dilakukan pendataan kuliner daerah,
baru bisa kita patenkan sebagai makanan daerah, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPJI DPC Kampar Ria Gustina menyampaikan, mengenai Omping badodih, makanan khas kampar yang mempunyai nilai gizi yang bagus harus di viralkan. “Sebab makanan ini sangat menyehatkan bagi yang memakannya,”tuturnya.

Kedepannya, Omping badodih milik kampar ini, harus ada ditempat tempat wisata. Karena itu kita berharap tempat tempat wisata yang ada di Kampar ini memberikan tempat untuk kuliner lokal. “Hanya dengan begitu makanan kuliner kita dikenal oleh orang banyak. Makanya kerjasama itu sangat penting sekali,” ujar Gustina

Kita juga sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kampar, untuk membuat baliho yang memperkenalkan atau mempromosikan khas kuliner Kampar kepada tamu-tamu pemerintah. Dengan demikian para tamu pemerintah tahu dengan makanan khas daerah..tetangnya.

Karena tanpa bantuan pemerintah memperkenalkan makanan khas daerah, tamu tamu pemerintah yang hadir tidak akan mengetahuinya. Jadi peran pemerintah sangat penting, tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua KNPI Kampar, Abu Nazar. Dirinya akan menggerakkan pemuda di Kampar agar menjadi pembinis makanan khas kuliner lokal . “Untuk itu program PPJI ini akan kita dukung penuh, ungkapnya.

Abu Nazar mengatakan, KNPI Kampar mempunyai visi membangun generasi muda yang mempunyai jiwa bisnis. Karena itu  pemuda dan pemudi  akan kita galakkan dalam memperkenalkan makanan daerah. Karena para pemuda dan pemudi yang mampu untuk membuat kuliner ini jadi terkenal, sebutnya.

Selain itu sudah saatnya pola pikir pemuda dan pemudi daerah ini kita rubah, menjadi jiwa pembisnis dengan usaha sendiri ataupun dengan cara yang lain. Karena selama ini pola pikir pemuda itu hanya bertujuan jadi PNS. Untuk itu harus dirubah dari sekarang,”jelasnya.

Karena itu KNPI Kampar akan membantu program PPJI ini agar para pemuda bisa menjadi pembisnis muda. Kemudian untuk membantu menyalurkan usaha bisnis ini, KNPI Kampar akan meminta peran pemerintah. “Pemerintah harus hadir memberikan dukungan baik moril dan materil agar usaha kuliner dapat maju,” tutup Ketua KNPI Kampar Yang Baru saja dilantik ini.**(HD)

Tinggalkan Balasan