Verifikasi Organisasi Wartawan Oleh Kesbangpol Rohul Diduga Tak Akurat

0
14
Sekretaris DPD Jurnalistik Online Indonesia (JOIN) Dorles Simbolon

ROHUL, SUARAPERSADA. com-Proses pencairan bantuan dana hibah sejumlah organisasi wartawan saat ini sedang berjalan. Ironisnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) diduga tidak melakukan pendataan dan verifikasi secara akurat.

Pasalnya, diantara 7 organisasi yang mendapat dana hibah dari pemkab Rokan Hulu ada 2 organisasi dengan nama yang berbeda, namun ketua organisasi tersebut hanya satu orang.

Kesbangpol Kabupaten Rohul tetap bersikukuh memberikan rekomendasi ke Dinas Kominfo Rohul, terkait dana hibah kepada salah satu  organisasi wartawan yang merangkap sebagai ketua dua (2) organisasi Wartawan  yang berbeda.

Kuat dugaan, Kesbangpol tidak melakukan verifikasi dan pendataan secara aktual dan faktual terhadap organisasi wartawan tersebut. Sehingga, Kesbangpol dinilai tidak kredibel dalam mengeluarkan rekomendasi kepada Diskominfo Rohul terkait bantuan dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Rohul.

Sekretaris DPD Jurnalistik Online Indonesia (JOIN) Dorles Simbolon menduga bahwa Kesbangpol Rohul tidak melakukan verifikasi ataupun chek and ricek organisasi wartawan yang terdaftar secara efektif dan akurat.

“Diantara 7 organisasi wartawan yang menerima dana hibah yang bersember dari APBD Rohul ini, ada 2 organisasi dengan nama berbeda namun ketua bahkan anggotanya juga sama, Ironisnya lagi, kantor sekretariat organisasi tersebut juga tidak ada lagi, alias Siluman.”Kesalnya”

Ditambahkannya,Seharusnya pihak Kesbangpol harus turun kelapangan untuk memverifikasi dan memastikan bahwa organisasi wartawan tersebut masih eksis atau tidak, supaya tidak ada kecemburuan sosial. Masih banyak organisasi wartawan di Rohul ini yang eksis dan punya kegiatan setiap bulannya. Oleh karena itu, kita sangat berharap kepada Kesbangpol Rohul supaya lebih efektif dalam memverifikasi organisasi-organisasi wartawan yang ada di Negeri Seribu Suluk ini.”harapnya.

Kepala Bidang Politik dan Organisasi Kesbangpol Dolla Siregar saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (11/10/2021) mengatakan,
“Kami hanya menjalankan tugas berdasarkan pencatatan SK Kepengurusan organisasi wartawan.”ucapnya.”

Berdasarkan surat Dinas Komunikasi Informatika, Nomor 485 /DISKOMINFO-PIKP/X106, Perihal Dana Hibah Organisasi Kewartawanan. Berikut nama-nama Organisasi Kewartawanan yang mendapat bantuan dana hibah Tahun 2021 sebagai berikut :

1. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) , Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Feri Hendrawan, terdaftar 16 Oktober 2015.

2. Forum Solidaritas Wartawan (Foswar) Kab. Rokan Hulu, Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Yusrizal, Terdaftar 2 Desember 2015.

3. Persatuan Wartawan Rokanhulu (PWR) , Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Acce Nauli H, Terdaftar 1 November 2016.

4. Ikatan Keluarga Wartawan Rokanhulu , Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Agustian Lubis, Terdaftar 11 Januari 2011.

5. Aliansi Wartawan Indonesia, Alamat Kecamatan  Rambah, Pengurus Rian Alfian,SE, Terdaftar 24 Mei 2017.

6. Ikatan Wartawan Online, Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Acce Nauli H, Terdaftar 29 Januari 2020.

7. Persatuan Wartawan Republik Indonesia, Alamat Kecamatan Rambah, Pengurus Imran Tambusai,SE.MM , Terdaftar 26 Maret 2020.***(Ds)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here