Sebanyak 75 PPK Pilkada Pekanbaru Tahun 2024 Terpilih Akan Dilantik

0
16

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com – Sebanyak 75 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Pekanbaru untuk Pilkada Serentak 2024 dilantik besok, Kamis (16/5/2024) di Hotel Pangeran. Mereka sebelumnya telah ditetapkan kelulusannya oleh KPU Pekanbaru,
Selasa (14/5/2024) untuk mengisi di 15 kecamatan di Pekanbaru.

Demikian diinformasikan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pekanbaru, Rizqi Abadi S.Ikom. Disebutkan, 75 orang PPK yang lulus sebelumnya telah melewati tahapan seleksi.

“PPK merupakan badan adhoc KPU di tingkat kecamatan. Penjaringan di mulai dari tes administrasi, tes berbasis CAT hingga tahapan akhir tes wawancara,” kata mantan anggota Bawaslu Pekanbaru ini, Rabu (15/5/2024).

Rizqi menjelaskan, 75 PPK terpilih akan dilantik langsung oleh Ketua KPU Pekanbaru, Raga Perwira. Usai dilantik PPK akan diberi pembekalan oleh pimpinan KPU Pekanbaru.

“Materi pembekalan sesuai divisi masing-masing pimpinan. Pembekalan ini sifatnya hanya pengenalan sepintas tugas dan wewenang. Karena nanti mereka akan diberi bimtek tersendiri,” ungkap Rizqi.

Rizqi menjelaskan, masa tugas PPK adalah lebih kurang 8 bulan sejak dilantik. Berakhir dua bulan setelah pemungutan suara Pilkada. “Honor dialokasikan dari APBD Pekanbaru 2024. Untuk ketua honornya Rp2,5 juta. Sedangkan anggota Rp2,2 juta,” rinci Rizqi.

Di kesempatan itu, Rizqi juga menjelaskan Ketua PPK di masing-masing kecamatan ditunjuk berdasarkan rapat pleno internal. “Penunjukan Ketua PPK dilakukan lewat rapat pleno internal mereka. Berdasarkan kesepakatan anggota PPK yang totalnya berjumlah lima orang,” tutur Rizqi sembari menegaskan KPU Pekanbaru tidak akan mengintervensi penunjukan Ketua PPK.

Terkait hal itu, Rizqi meminta, dalam proses penunjukan ketua PPK dilakukan secara objektif. Tunjuklah orang yang benar-benar bisa mengayomi, bisa memimpin dan bisa membimbing anggota. Dengan harapan terwujudnya penyelenggara yang bisa bekerja secara independen, netral dan berintegritas. ***

Sumber : KPU Pekanbaru

Tinggalkan Balasan