Reses ke Sijarango, Irwan Simamora SH Janji Realisasikan Usulan Masyarakat

0
416
Anggota DPRD Sumatera Utara, Irwan Simamora, SH saat melakukan Reses di desa Sijarango kecamatan Pakkat Humbahas

HUMBAHAS, SUARAPERSADA.com – Luapan air di bantaran sungai Aek Sirahar yang beberapa waktu lalu sempat memporak porandakan lahan persawahan dan menyebabkan gagal panen bagi petani masyarakat desa Sijarango I, kecamatan Pakkat, kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menjadi salah satu fokus perbincangan. Usulan normalisasi sungai dan pembangunan turuap penahan air menjadi usulan yang disampaikan masyarakat dalam kegiatan Reses anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Irwan Simamora SH.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan yang digelar untuk menyerap aspirasi masyarakat ini dilaksanakan di desa Sijarango I pada Selasa (23/2/21) menghadirkan masyarakat desa Sijarango I, Sijarango II dan Lumban Tonga-Tonga.

Tatap langsung dengan anggota Legislatif asal daerah pemilihan (Dapil) Sumut IX yang meliputi Kabuten Toba, Samosir, Taput, Humbahas, Tapteng, dan Kota Sibolga ini menjadi moment bagi masyarakat untuk menyampaikan uneg-uneg dan usulan program pembangunan agar segera dimasukkan dalam agenda pemerintah.

Seperti pembangunan jembatan Aek Sipang yang menjadi penghubung antara desa Sijarango, kecamatan Pakkat dengan desa Pusuk, kecamatan Parlilitan. Selain itu, pengaspalan jalan dari Sijarango menuju Aek Sipang juga perlu segera dilaksanakan. Usulan ini disampaikan oleh Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD) desa Sijarango, A Manullang.

Menurut A Simanullang, jembatan penghubung dan pengaspalan akses jalan ini sangat penting untuk memperlancar transportasi guna menunjang kegiatan perekonomian masyarakat dua desa itu.

Sementara itu, masyarakat desa LumbanTonga-Tonga mengusulkan pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) untuk menghindari bahaya tebing longsor pada jalan dusun Sihombang.
Penuturan masyarakat Lumban Tonga-Tonga longsor yang memutus akses jalan Sihombang itu sudah berlangsung cukup lama. Masyarakat p[un telah beberapakali menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah daerah agar segera diperbaiki, namun tidak pernah digubris. Untuk itu melalui legislator ini, masyarakat meminta agar dimasukkan kedalam pokok pikiran (Pokir) Irwan Simamora.

Menanggapi uneg-uneg dan usulan masyarakat ini, Irwan Simamora SH berjanji akan berupaya sedapat mungkin memperjuangkannya pada rapat dewan dengan pemerintah Sumatera Utara.

Menurut politisi partai Hanura ini, sangatlah penting bagi anggota Legislatif untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat yang diwakilinya guna mendengarkan apa yang menjadi keinginan, cita-cita, maupun unek-unek dari masyarakat. Kesempatan ini menjadi cara untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat terkait situasi dan kondisi yang dialami bangsa dan negara, sehingga masyarakat mengerti dan memahami arah pembangunan serta kendala yang sedang dihadapi.

Sementara terkait pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia bahkan dunia, Irwan Simamora SH menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi PROKES ( Protokol Kesehatan) yang di canangkan oleh pemerintah. Dimana salah satunya denga menerapkan 3M dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu Menjaga jarak, Memakai masker dan rajin Mencuci tangan agar kita terhindar serta tidak menjadi penyebar virus Covid-19 di dalam keluarga dan dilingkungan kita berada.

Selain masyarakat dan pemerintahan dari tiga desa, kegiatan Reses ini juga dihadiri Para BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, unsur Pendidikan, Kesehatan, Karang Taruna, FORKOPIM Kececamatan Pakkat serta masyarakat.

Pantauan media ini acara reses ini berjalan dengan tertib dan diakhiri dengan makan bersama dan penyampaian tali asih kepada para lansia dan masyarakat yang hadir.**(John/Bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here