Beranda Breaking News Raih Predikat Koperasi Sehat, KSU Rejosari Pekanbaru Gelar RAT Tahun Buku...

Raih Predikat Koperasi Sehat, KSU Rejosari Pekanbaru Gelar RAT Tahun Buku 2019

136
0
Kantor KSU Rejosari Yang Sudah Menjadi Aset Koperasi

PEKANBARU- Koperasi Serba Usaha(KSU) Rejosari Pekanbaru yang beralamat di Jalan Swadaya Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Riau, Kamis 30 Januari 2020, melaksanakan Rapat Anggota Tahunan(RAT) tahun buku 2019.

Koperasi Serba Usaha Rejosari yang awal berdirinya hanya dengan Modal Rp 98.000, namun berkat kerja keras para pengurus dan kepatuhan anggotanya, selain telah pernah mendapatkan penghargaan tingkat nasional pada tahun 2015 di Kupang NTT, Alhasil, saat ini volume peminjaman tahun 2019 mencapai Rp 11.244.399.883

Ketua KSU Rejosari Hj. Elwi SPd dalam laporan pertanggung jawabannya mengatakan, pada 11 November 2019 KSU Rejosari telah melunasi utang Rp 3 miliar kepada Kementerian Koperasi RI melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB). 

“Proses pendapatan peminjaman dari LPDB cukup ketat, namun berkat kepatuhan anggota koperasi dalam pembayaran pinjaman serta gigihnya pengurus dan pengawas,  KSU Rejosari menjadi salah satu koperasi tersehat di Indonesia. Dan saat ini cukup banyak penawaran penambahan modal pinjaman dana. Baik dari lembaga – lembaga pemerintah maupun lainya,” aku Elvi.

Lagi kata Elvi, karena kepatuhan anggota membayar utang, pihak LPDB Cabang Provinsi Riau menawarkan kembali dana segar kepada KSU Rejosari hingga Rp10 miliar, namun kita tidak menerimanya karena KSU Rejosari sudah punya modal, ujarnya.

“Kesempatan emas ini bukannya tidak mau diambil, pengurus sangat berterimakasih atas kepercayaan selama ini, semoga ke depan Koperasi KSU Rejosari semakin dewasa dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya,” sebutnya.

Dikisahkan Elvi, sejarah berdirinya KSU Rejosari, awalnya hanya perkumpulan yang berdiri tanggal 18 April 1988, dengan anggota ibu-ibu PKK sebanyak 18 orang. Melihat seluruh anggota mempunyai potensi, diawali dengan buka usaha kecil menengah guna meningkatkan taraf perekonomian keluarga. Akhirnya mendirikan sebuah koperasi dengan modal Rp 98.000, kisahnya.

Alhamdulillah pada RAT buku tahun 2019, KSU Rejosari telah memiliki modal sendiri sebesar Rp 5.514.340.567 dengan total aset Rp 6.716.926.529, terang Elvi.

Menurut Elvi, dalam menerapkan sistem pinjaman, KSU Rejosari menerapkan aturan ketat terhadap penerimaan anggota. Diantaranya, dengan menerapkan aturan rekomendasi sesama anggota sebelum bergabung.
Koperasi yang saat ini yang memiliki anggota 311 orang, pada tahun 2020 bisa memberikan pinjaman maksimum kepada anggota sebesar Rp 250 juta tanpa agunan. 

KSU Rejosari telah ditetapkan menjadi koperasi sehat dan telah menjadi salah satu acuan studi banding bagi beberapa provinsi di Indonesia. Bahkan jadi tempat penelitian bagi mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Riau.(rilis)

Tinggalkan Balasan