Beranda Breaking News Pemkab Rohul Terbitkan Perbup Tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Pemkab Rohul Terbitkan Perbup Tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

93
0
Kadis Kominfo Rokan Hulu, Drs Yusmar M.Si

ROHUL, SUARAPERSADA.com– Bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) terhadap memutus mata rantai penyebaran Corona Virus (Covid-19) di tengah masyarakat, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengeluarkan Perbup No 41 tahun 2020.

  1. Pembentukan Perbup ini berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.
    Dalam Wawancara bersama Kepala Dinas Komunikasi dan  Informasi (Diskominfo) Rohul, Drs Yusmar M.Si mengatakan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Bupati Rokan Hulu mengeluarkan Perbup no 41 tahun 2020 sebagai efek jera bagi masyarakat  agar tetap terus menerapkan protokol kesehatan.
“Ada beberapa poin penting yang harus diketahui oleh masyarakat  terkait Perbup No 41 tahun 2020,” Ujar Kadiskominfo Rohul.

Kadiskominfo Yusmar menambahkan, bagi pelanggar penerapan protokol kesehatan akan diberi sanksi dalam beberapa bentuk.
“Sanksi pelanggar bagi perorangan, bisa dalam bentuk teguran Lisan maupun tertulis, selanjutnya kerja sosial paling lama 1 jam, bisa membersihkan fasilitas umum maupun tempat ibadah,” jelas Yusmar.
Apabila pelanggar sudah sering terlihat melanggar protokol kesehatan, maka sanksi bisa diberikan dalam bentuk denda administratif sebesar Rp 250.000.
“Nantinya denda yang didapat dari pelanggar, akan diserahkan ke Kas daerah sebagai pendapatan asli daerah,” lanjut Yusmar.
Lanjut Yusmar, jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Rohul hingga hari ini mencapai angka 66 orang dengan spesifikasi 15 masih di rawat, sudah sembuh 50 orang dan meninggal 1 orang.
Melalui awak media Riausmart.com,  Kadiskominfo Rohul tetap menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat,  agar tetap menerapkan  protokol kesehatan di berbagai kegiatan.
“Selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hindari kerumunan dan jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi,” tutup Yusmar.***(Ds)

Tinggalkan Balasan