Pelaksanaan ANBK SD Negeri 98 Kota Pekanbaru Berjalan Aman dan Lancar

0
10
Kepala Sekolah SDN 98 Pekanbaru, Siti Arofah, S Pd

PEKANBARU, SUARAPERSADA. com– Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SDN 98 Kota Pekanbaru terlaksana dengan aman dan lancar, sebut Kepala sekolah SDN 98 Pekanbaru Siti Arofah S.Pd kepada media ini diruang kerjanya, Selasa (23/11).

Menurut Siti Arofah, pelaksanaan ANBK di SDN 98 dilaksanakan dengan dua sesi, (pagi dan siang), sehingga berlangsung hanya dua hari. Yakni, Selasa (15 hingga 16/11). Hal tersebut bisa kita lakukan karena ketersediaan komputer mencukupi. Artinya lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, ujarnya.

Lagi kata Siti Arofah, kegiatan ini bukan main-main, sebagaimana kebijakan Pemerintah Pusat terkait Asesmen Nasional, yang merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar yang baru dimulai tahun ini.
Sehingga sebelum ANBK dilaksanakan, pihaknya telah mempersiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan. Mulai peningkatan jaringan internet melalui Wi-Fi, dan untuk mengantisipasi lampu mati, kita juga menyiapkan mesin genset serta menyiapkan komputer sebanyak 15 unit, urainya.

“Sebelum ANBK berlangsung, kami telah melaksanakan simulasi dan gladi bersih terhadap 35 siswa peserta dan cadangan sebanyak 5 orang. Terutama dalam pengoperasian komputer. Karena sebelumnya siswa hanya bisa menggunakan HP android,” terangnya..

Ditanya kendala yang dihadapi. Menurut Siti Arofah, secara umum pelaksanaan ANBK SDN 98 berlangsung aman dan lancar. Hanya saja, selain adanya gangguan Server beberapa siswa peserta assesmen masih kaku mengoperasikan atau memakai komputer. Sementara kita tidak bisa serta merta memasuki ruangan. “Pengawasan sangat ketat,” ujarnya.

Dikatakan Siti Arifah, pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya ANBK di Sekolah Dasar Negeri 98, kita sudah berusaha semaksimal mungkin  untuk menyelenggarakan ANBK. Segala kekurangan dan kelebihan akan dijadikan sebagai bahan evaluasi ke depannya, ujarnya.

Ia manambahkan, saat pelaksanaan ANBK, seluruh peserta diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Sebelum memasuki ruangan, setiap peserta wajib memakai masker, mencuci tangan, pungkasnya. (jsR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here