KPU Pekanbaru Coklit Di Kediaman Mantan Gubernur Riau Saleh Djasit

0
9

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com- Pencocokan dan penelitian (coklit) untuk pemilihan serentak 2024 dilakukan serentak seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin (24/6/2024). Di hari pertama coklit, salah satu yang didatangi KPU Pekanbaru adalah kediaman tokoh masyarakat yang juga Gubernur Riau tahun1998-2003, Saleh Djasit.

Anggota KPU Pekanbaru, Rizqi Abadi berkesempatan mendampingi petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) mendatangi kediaman Saleh Djasit di Jalan Cemara Kipas, Kelurahan Tobekgodang, Kecamatan Binawidya. Turut serta dalam kegiatan itu, Ketua Bawaslu Pekanbaru, Ferdy SIP dan anggota Bawaslu Pekanbaru Reni Purba SPd.

Rizqi Abadi yang merupakan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia mengatakan, sejak siang hari tadi, kegiatan coklit sudah dilakukan di masing-masing kecamatan oleh pantarlih.

“Secara nasional pencoklitan serentak dilakukan hari ini. Di Pekanbaru, pencoklitan rata-rata mulai dilakukan siang tadi setelah pantarlih dilantik dan diberikan pembekalan. Patarlih mendatangi rumah warga. Setelah dicoklit, rumah warga selanjutnya ditempeli stiker,” kata Rizqi Abadi.

Rizqi juga menyebutkan, saat coklit, pantarlih dibekali dengan atribut lengkap. Seperti rompi, topi, tanda pengenal dan alat tulis.

Rizqi berharap pantarlih benar-benar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana mestinya. “Turun ke lapangan, coklit dari rumah ke rumah bukan dari rumah. Ini penting agar seluruh Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat masuk ke dalam Daftar Pemilih dan yang tidak memenuhi syarat tidak ada lagi dalam Daftar Pemilih,” tegasnya.

Dalam proses coklit ini sudah ditegaskan kepada petugas pantarlih agar melakukan mekanisme kerja sesuai perundang-undangan yang berlaku, Rizqi meminta kerjasama semua pihak dapat ikut serta menyusseskan pencoklitan ini, dan petugas siap melakukan kerja baik pagi, siang maupun malam hari.

Ia pun mengimbau agar masyarakat dapat mempermudah kerja petugas pantarlih dalam melakukan coklit sebab ini demi kepentingan hak suara warga itu sendiri pada Pilkada mendatang

Rizqi menyebutkan jumlah pantarlih untuk pemilihan di Pekanbaru 2.718 dengan masa tugas selama satu bulan dari 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024.***

Sumber: KPU Pekanbaru

Tinggalkan Balasan