Beranda Breaking News Kadis Ketahanan Pangan Pekanbaru Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

Kadis Ketahanan Pangan Pekanbaru Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

186
0
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan

PEKANBARU, SUARAPERSADA. com– Begitu dilantik dan dipercaya sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan langsung membuat terobosan dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing untuk menanami aneka tanaman pangan dan hortikultura, atau tanaman obat keluarga (toga).

Menugrut Alek, memanfaatkan pekarangan rumah, selain bisa membantu meringankan kebutuhan hidup sehari-hari, juga sangat efektif di tengah pandemi Covid-19, sebut Alek kepada media, Selasa (7/7).

Dikatakan Alek, dalam menghadapi New Normal pasca Pandemi Covid-19, ada beberapa upaya yang akan dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru. Diantaranya, pengembangan kawasan mandiri pangan yang meliputi holtikultura, Perikanan dan Peternakan, pembuatan peta FSVA (Food Security and Vulnerability Atlas/ Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan), menggaet pihak ketiga/sponsor dan inovasi pengembangan kawasan Cadangan Pangan Terintegrasi (CANTIK).

“Upaya-upaya tersebut adalah dalam rangka memfokuskan seluruh stakeholder, antara lain, Pemerintah, Produsen dan Konsumen, agar ketersedian fisik pangan, akses yang terjangkau, stabilisasi harga pangan dan stabilitas pasokan dan akses, ujarnya.

“Pada prinsipnya saat ini Pekanbaru masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi masyarakat meskipun Pekanbaru bukanlah daerah sentra produksi,” paparnya.

Alek tidak menampik bahwasanya, fluktuasi harga pangan untuk komoditas tertentu karena produksi komoditas tersebut mengalami penurunan akibat cuaca yang tidak mendukung, terangnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa Walikota Pekanbaru, Firdaus, ST, MT sangat menaruh perhatian besar terhadap pelaksanaan tugas ketahanan pangan ini terutama dalam inovasi pengembangan kawasan Cadangan Pangan Terintegrasi (CANTIK)

“Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong, kalau tidak ada lahan kosong setidaknya pekarangan rumah masing-masing, bisa mencoba menanam di rumah dengan tanaman simple Holtikultura seperti sayur, hidroponik, beternak ikan atau hal sejenis lainya, ini langkah mudah tapi bisa menghasilkan setidaknya mencukupi kebutuhan pangan di rumah,” pungkasnya. (jsR)

Tinggalkan Balasan