Beranda Bengkalis Ini 25 Usulan Musrenbang Desa Kesumbo Ampai

Ini 25 Usulan Musrenbang Desa Kesumbo Ampai

1779
0

DURI, SUARAPERSADA.com – Musyawarah perencanaan pembangunan ( musrenbang) Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, bertempat di gedung pertemuan kantor Desa, Rabu (18/10).

Acara dihadiri oleh Kasi PMD Bathin Solapan Tasarjon, Kepala Desa Kesumbo Ampai Anita, perwakilan Dinas PMD Bengkalis Basmah , Ketua BPD M.Yatim, para Kepala Dusun, RT/RW, tokoh masyarakat, anggota DPRD Bengkalis Komisi III Adi Jasmin, AMK, tokoh agama dan beberapa masyarakat.

Diacara musrenbang itu, banyak yang diusulkan Kepala Dusun, RT/RW, seperti pembangunan infrastruktur, musholla, pagar, penambahan ruang kelas SDN, dan pengadaan Ambulance jumlahnya ada 25 item.

Antara lain, semenisasi jalan 2KM , drainase 600 m, pembangunan pagar dan turap SDN 88, rumah penjaga SDN 88 Simpang Bangko, semenisasi jalan 3.000 m, pengerasan jalan 1.500 m, pembangunan musholla dan area parkir, pembangunan 6 lokal ruang belajar SDN 87. Pengerasan jalan sekitar 300 m di wilayah RW 05, pagar tanah pekuburan umum Jl.Sinepal, di wilayah RT 03/RW 03 dimohon supaya diprioritaskan, dan sebagainya.

Basmah menanggapi semua usulan itu mengatakan, Kalau usulan itu masih asset daerah belum terkaper dari APBD, jadi semua usulan pembangunan ruang sekolah, pagar pekuburan, ambulance, jalan dan lainnya adalah masuk ke anggaran Dinas masing-masing, seperti Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan lain-lain. Semua usulan yang masuk dalam anggaran dinas terkait, akan dibuat RAB kemudian dimasukkan pada daftar usulan pada tahun 2019, karena akan dibuat perbupnya, jadi harus dibedakan yangmana masuk dalam APBD Bengkalis atau APBD Desa”, kata Basmah.

Kades Anita ketika dikonfirmasi usai acara mengatakan, bahwa semua usulan di musrenbang desa itu ada 25 item.” Dan akan diciutkan menjadi 10 item untuk dibawa ke musrenbang tingkat kecamatan nantinya. Apalagi 25 usulan itu banyak juga dari usulan tahun 2016 yang belum terealisasi sampai sekarang, yang termasuk skala prioritaslah yang kami masukkan dalam daftar usulan 10 item di musrenbang tingkat kecamatan,” terang Kades.

Sementara Adi Jasmin, AMK mengatakan, bahwa dirinya hanya menghadiri acara bukan narasumber,” saya akan mengawal hasil musrenbang ini sampai ketingkat kecamatan dan kabupaten di Bengkalis nantinya,” katanya.**(Julieser)

Tinggalkan Balasan