Elfenni Erdianta Bangun, S.H.,M.H Maju Sebagai Calon DPD-RI Ingin Berjuang Untuk Peningkatan Ekonomi Serta Keharmonisan Rakyat

0
243

RIAU, SUARAPERSADA.com- Elfenni Erdianta Bangun, S.H.,M.H, wanita tangguh kelahiran Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini ikut berkontestasi dalam pesta Demokrasi pada  pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) dari Daerah Pemilihan Propinsi Riau Tahun 2024.

Istri dari Ir. Lian Raya Tarigan yang merupakan seorang karyawan swasta di perusahaan perkebunan dan Ibu dari 2 orang Putra dan 1 orang Putri ini dengan pendidikan terakhir sebagai Magister Hukum dari Universitas Islam Riau (lulusan terbaik Angakatan XXI)

Wanita berdarah Karo ini mengawali karir sebagai Konsultan yang sudah malang melintang dalam penegakan hukum, khususnya memperjuangkan pengupahan para pekerja serta aktif di organisasi keagamaan.

Dirinya maju sebagai Calon DPD-RI, mengacu kepada
Undang Undang Dasar 1945 (UUD 1945) Pasal 22 poin D menyatakan bahwa DPD menjadi penyambung aspirasi rakyat di daerah kepada pemerintah pusat. DPD menitik beratkan pengawasan terhadap relasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta mengawasi perjalanan otonomi daerah.

Selain itu DPD juga berfokus pada perimbangan keuangan pusat dan daerah serta hak untuk mengajukan rancangan undang undang (RUU) Daerah Otonomi, penggabungan daerah otonomi, pemekaran daerah serta pengelolaan sumber daya alam.

Dalam pemilihan anggota DPD RI tahun 2024 ini, dirinya mengusung ide dan gagasan tentang harmonisasi keluarga, lingkungan dan negara. Merangkum segala upaya dalam mencapai harmonisasi rakyat.

Ditanya terkait  infrastruktur jalan di Riau. Menurut Elfenni yang akrab disapa Feni ini,  Riau salah satu provinsi yang terparah kerusakan infrasturktur Jalan,  banyak sekali jalan yang rusak. Dan untuk perbaikan jalan merupakan salah satu program prioritasnya.

“Kalau terpilih menjadi DPD-RI, terkait pembangunan, terutama soal jalan merupakan prioritas. Riau salah satu provinsi terkaya, jalan harus bagus demi kelancaran transportasi sebagai penunjang ekonomi,” tegasnya.

Sementara perihal pendidikan dan kesehatan masyarakat. “Fokus saya soal pendidikan masyarakat Riau terutama di pedalaman, disamping itu kesehatan juga. Walaupun sudah ada BPJS, namun dibutuhkan pembinaan bagi masyarakat kecil,” ucapnya.

Ia menghimbau kepada calon lain, mari kita bersaing secara sehat dan profesional. Bagi kawan-kawan dan pendukung saya sangat berterima kasih dan masyarakat Riau mari kita pilih orang yang betul-betul paham kerja sesuai tupoksinya, pungkasnya.

Visi :
Menjadi anggota DPD yang Akuntabel dan optimal dalam memperjuangkan aspirasi daerah Riau dalam mewujudkan tujuan Nasional, berkeadilan, pembangunan yang merata untuk kepentingan Bangsa dan Negara.

Misi :
1. Memperkuat kewenangan DPD sesuai dengan UUD 1945 dan Undang-Undang
2. Memperjuangkan kepentingan provinsi Riau ditingkat Nasional, utamanya memberikan pertimbangan bidang psndidikan, tunjangan para tenaga pengajar Non PNS, peningkatan akses kesehatan dan memberantas stunting.
3.Memastikan umat beragama dapat beribadah & mendirikan rumah ibadah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
4. Mengoptimalkan dukungan para stake holder pemerintah, dunia usaha dalam upaya perbaikan infrastruktur jalan di provinsi Riau.
5. Mengoptimalkan hubungan dan kelembagaan DPD RI dengan lembaga negara, Pemerintah, pemangku kepentingan lainnya.
6. Meningkatkan hubungan kelembagaan DPD RI dengan parlemen dalam dan luar negeri.

Pengalaman Kelembagaan :

1. Ketua koordinasi bidang advokasi, pengupahan & hubungan industrial Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Riau (APINDO Riau) periode 2019-2020.
2. Dewan Pengupahan provinsi Riau periode 2014-2016
3. Dewan Pengupahan Provinsi Riau periode 2016- 2019
4. Forum komunikasi jejaring Pemagangan Riau periode 2016-2018
5. Humas wanita katolik Republik Indonesia (WKRI) DPD Riau, periode 2014-2017
6. Katua presidium Wanita Katolik RI DPD Riau periode 2017-2022
7. Ketua presidium Wanita Katolik RI DPD Riau periode 2022- 2027 (Karena pencalonan DPD mundur dari posisi ketua)
8. Bendahara umum lembaga pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik daerah provinsi Riau periode 2018 s/d 2023
9. Ketua bidang legal BKGR ( Badan Koordinasi Gereja-gereja provinsi Riau)
10. Ketua Panitia Pesparani Provinsi Riau II di Dumai tahun 2023.

Biodata :

Nama : Elfenni Erdianta Bangun, S.H.,M.H.
Usia    : 53 Tahun
Suami  : Lian Raya Tarigan
Anak     : 3 Orang
Alamat : Jalan Sirsak III, Blok C10 Nomor 7 Perumahan Pandau Permai Kota Pekanbaru-Riau.

Pendidikan :

1.2013 – 2015: Magister Hukum Universitas Islam Riau (lulusan terbaik Angakatan XXI)
2.1989 – 1994: Fakultas Hukum ST. Thomas Specialis Keperdataan

3.1986 – 1989: SMU Negeri 1 Tigabinanga

4.1983 – 1986: SMP Negeri 1 Tigabinanga

5.1983 – 1997: SD Negeri 040570 Tigabinanga.

 

Tinggalkan Balasan