Coffee Morning Bawaslu Riau Bersama Wartawan, Bahas Peran Media Menangkal Berita Hoax Pada Tahapan Pemilu 2024

0
23
Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, SE.,M.IKom

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menggelar Coffee Morning dengan tajuk “Efektifitas Publikasi dan Pemberitaan Menangkal Informasi Hoax Selama Tahapan Kampanye Pemilu 2024,” bertempat di Hotel Royal Asnof, Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru, Selasa (23/01/2024).

Acara Coffee morning yang dibuka secara resmi  oleh Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, SE.,M.IKom  ini dihadiri, Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya, S.Pd.,MM, Anggota Bawaslu Riau, Patminah Nularna, S.Sos., M.Si, selanjutnya  dari akademisi, Dr. Hasanuddin, Komisioner KPI Riau, Mario Abdillah Choir, yang tampil sebagai Narasumber. Serta para staf  Bawaslu Riau dan puluhan awak media.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal, SE.,M.IKom mengatakan, efektifitas publikasi dan pemberitaan penting  untuk menangkal informasi hoax selama berlangsungnya tahapan pemilu 2024.

Kedepan Bawaslu Riau akan semakin gencar melakukan publikasi kegiatan Bawaslu Riau, serta mengaktifkan Grup WhatsApp “Wartawan Sahabat Bawaslu” Riau.
Kita akan share rilis berita kegiatan-kegiatan Bawaslu Riau di Grup WA, dan mohon kerjasama rekan-rekan Wartawan untuk menerbitkan di media masing-masing,” pintanya.

Ia pun meminta awak media untuk turut serta dalam mensukseskan dan mewujudkan Pemilu 2024 di Riau menjadi sejuk dan berintegritas, tutup Alnofrizal.

Dari pemaparan tiga narasumber yakni, Amiruddin Sijaya, S.Pd.,MM, Dr. Hasanuddin dari Akademisi serta Mario Abdillah Choir dari Komisioner KPI Riau disimpullan, bahwa wartawan sebagai mitra strategis dalam penyelenggaraan pemilu di tahun 2024 ini sangat penting. Kontribusi positif wartawan dalam memberikan informasi edukatif dan terpercaya kepada masyarakat dapat menangkal berita-berita hoax.

Awak media merupakan corong utama penyebaran informasi yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Maka diharapkan peran media dalam memberikan edukasi masyarakat terkait berita atau informasi yang sebenarnya, agar berita hoax dapat ditangkal dengan baik.

Dalam acara tersebut juga berlangsung sesi tanya jawab antara Wartawan dan para narasumber, terkait upaya menangkal berita bohong atau hoax.(jsR).

Tinggalkan Balasan