Beranda Life Style 5 Cara Atasi Bau Mulut Saat Menggunakan Masker

5 Cara Atasi Bau Mulut Saat Menggunakan Masker

15
0
Cara Atasi Bau Mulut saat Menggunakan Masker
Cara Atasi Bau Mulut saat Menggunakan Masker

SUARAPERSADA.COM – Penggunaan masker di saat pandemi ini memang sangat penting bagi kesehatan dan keselamatan. Namun tidak bisa dipungkiri, pemakaian masker juga menyebabkan beberapa keluhan bagi para penggunanya. Antara lain kacamata yang berembun, jerawat, dan bau mulut.

Tidak sedikit pengguna masker yang mengeluhkan bau mulut. Lantas, apa yang menyebabkan bau mulut ketika mengenakan masker?

“Masker tidak membuat kita memiliki bau mulut. Hal itu membuat kita lebih sadar bahwa kita memiliki bau mulut,” kata dokter gigi, Mark S. Wolff, seperti dilansir dari Asia One, Minggu, 26 Juli 2020.

Lalu, apa saja cara untuk mengatasi bau mulut saat mengenakan masker? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Berikut 5 Cara Atasi Bau Mulut Saat Menggunakan Masker :

1. Kurangi Bernapas melalui Mulut

Merdeka.com – Anda mungkin secara tidak sadar menggunakan mulut Anda untuk bernapas lebih banyak ketika Anda mengenakan masker ketika hidung tertutup. Hal ini juga terjadi jika hidung Anda tersumbat dan menghasilkan mulut yang lebih kering, yang secara alami membuat napas Anda tidak sedap.

2. Sedikit Bicara dan Banyak Minum

Berbicara dapat mengeringkan mulut karena air liur lebih sedikit tersisa di mulut. Menurut Koh Chu Guan, seorang konsultan senior di National Dental Centre Singapore Department of Restorative Dentistry, air liur memiliki efek ‘mencuci’.

Karenanya mereka yang berbicara lebih banyak cenderung memiliki bau mulut. Cara lain untuk mengatasi masalah mulut kering adalah dengan minum lebih banyak air dan menjaga mulut Anda tetap terhidrasi.

3. Perhatikan Pola Makan

Selain makanan yang menyengat secara alami, jenis makanan lain yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab bau mulut. Hal ini termasuk diet rendah karbohidrat atau tidak sama sekali serta diet tinggi protein. Keduanya menghasilkan tubuh memecah lemak untuk energi alih-alih karbohidrat, melepaskan zat kimia yang berbau.

4. Bersihkan Lidah dan Mulut secara Teratur

Kebersihan mulut dasar sangat penting untuk memiliki napas berbau segar. Selain menyikat gigi, Anda harus membersihkan gigi secara teratur.

Membersihkan lidah Anda juga dapat secara signifikan mengurangi bau tak sedap karena sebagian besar bakteri bersarang di lidah, terutama bagian belakang. Juga, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur anti-bakteri secara teratur.

5. Makan Mint

Cara ini mungkin solusi yang paling mudah. Siapkan sekotak permen yang selalu berguna untuk menyegarkan napas Anda setiap kali bau mulut naik ke hidung Anda.

Sumber: Liputan6.com 

Baca juga :

Tinggalkan Balasan