ROHIL, SUARAPERSADA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menggelar serangkaian kegiatan selama sepuluh hari berturut-turut, termasuk menggelar hiburan rakyat dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke 20 tahun 2019.

Hal itu disampaikan Bupati Rokan Hilir H Suyatno kepada wartawan disela menyaksikan pentas seni budaya dan hiburan rakyat, pada malam puncak HUT Rohil ke 20 berlangsung di Bagansiapiapi,  Jumat 4 Oktober 2019 malam.

Bahkan sampai malam hari ini Pemkab Rohil memberikan hiburan untuk rakyat, dengan menghadirkan artis penyanyi asal negara tetangga Malaysia. Ribuan masyarakat pun larut menyaksikan merdunya lengkingan suara merdu dari Poy Sting bergenre slow rock tersebut.

“Masih ada dua pertandingan lagi yang masih akan kita gelar, seperti fun bike dan lomba mancing,” kata H Suyatno.

Suyatno mengatakan, di usianya yang ke 20 tahun ini Kabupaten Rokan Hilir sudah cukup baik, untuk itu Bupati H Suyatno menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat menyatu dan kompak serta ikut membenahi Rokan Hilir agar lebih maju.

Selain menggelar pentas seni budaya, pagi hari sebelumnya Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dihadiri jajaran Forkopimda Rohil lainnya menggelar sidang paripurna bersama dengan anggota DPRD dalam rangka HUT Rokan Hilir ke- 20 tahun.

“Tadi juga sudah kita lakukan sidang paripurna di DPRD tentang hari jadi Rokan Hilir, malam ini kita ada hiburan rakyat yang luar biasa artis dari Malaysia Poy Sting. Mudah-mudahan kedepan untuk ke 21 tahun, panjang umur kita akan lebih meriahkan,” ujarnya. 

Pada kesempatan itu Pemkab Rohil menyampaikan capaian terutama dibidang pembangunan, seperti pembangunan insfratruktur merupakan target Pemerintah Rokan Hilir, sesuai dengan visi misinya, baik kesehatan maupun dunia pendidikan.

“Sekarang ini beberapa titik ruas jalan itu tinggal sedikit lagi. Insya Allah tahun 2021 itu akan selesai semuanya, khususnya insfratruktur,”  terangnya.

Untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Rokan Hilir, pemerintah setempat mengirimkan para calon tenaga kerja ke Kota Dumai untuk dilatih menjadi tenaga yang profesional.

Sekembalinya dari Kota Dumai, para pekerja tersebut rencananya akan dibekali dengan memberikan seperangkat peralatan sesuai profesi mereka masing-masing.

“Seperti tukang jahit nanti akan kita belikan mesin jahit, tukang salon dibelikan seperangkat salon, muntir juga akan kita berikan seperangkat alat-alat muntir, seperti kompresor dan lain sebagainya,” terang orang nomor satu di negeri seribu kubah tersebut.

Kata H Suyatno ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam mengurangi angka pengangguran, serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM), sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke 20.

Pada HUT Rohil kali ini tidak hanya Pemkab yang berbelah bagi, namun bantuan juga datang dari Badan Amal Zakat Nasional, termasuk bantuan kepada mahasiswa yang kurang mampu, fakir miskin serta bantuan belanja usaha untuk meningkatkan modal, katanya menambahkan, juga sudah dilakukan.

“Dengan adanya peraturan daerah yang disahkan oleh DPRD Rokan Hilir tentang zakat, kita akan coba melalui ASN dulu, ada 6 ribu ASN dan kita minta kepada mereka agar 2,5 persen itu di potong dari gaji pokok mereka,” pungkas H Suyatno.**(man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here