Presiden RI Jokowi Jelaskan terjadinya Karhutla dan Pencegahannya

PELALAWAN, SUARAPERSADA.com – Presiden RI Joko Widodo menegaskan pentingnya menjaga komitmen dari seluruh pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal tersebut ditegaskan Presiden saat meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau, Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Selasa (17/09)

Presiden RI  Ir. Joko Widodo mengatakan bahwa pencegahan itu lebih efektif, pencegahan itu tidak membutuhkan biaya banyak. Tapi kalau sudah kejadian seperti saat sekarang ini sudah kerja yang luar biasa. TNI Polri berada disini sudah lebih dari satu bulan. Kalau sudah kejadian sulit memadamkannya apa lagi didaerah gambut seperti sekarang ini. Lebih sulit lagi kelihatannya sudah padam tetapi dibawahnya masih menyala, sebut Presiden RI ke delapan ini.

Mantan Gubenur DKI Jakarta ini juga menambahkan kedua tindakan hukum juga sudah dilakukan. Terduga pelaku sudah dipanggil langsung oleh Polri dan KLH. Nanti kita lihat ini kesengajaan yang terorganisasi atau memang rakyat yang ingin berkebun. Kalau kita lihat keluasannya besar sekali, ini terorganisasi, tegasnya

Selanjutnya Presiden Ir. Jokowi mengingatkan, agar pencegahan di desa oleh Camat, Bupati, Bhabinkamtibmas, Polsek, Danramil itu adalah hal yang paling pertama yang di kerjakan pencegahan, pungkasnya.

Turut menyertai Presiden dalam peninjauan ini, Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menpupera Basuki Hadimuljono, Mensos, Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol.Tito Karnavian, Gubernur Riau Syamsuar,  Kepala BNPB Doni Monardo dan Bupati Pelalawan H.M.Harris. (DIR***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here