Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, M Pd

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com — Dengan telah dulucurkannya Kartu Smart Madani dan Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Walikota Pekanbaru, Firdaus,ST.MT beberapa hari lalu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Abdul Jamal, M Pd menetapkan empat sekolah sebagai pilot projeck penerapan dan pemanfaatan Kartu Smart Madani dan KIA kota Pekanbaru.

Dikatakan Abdul Jamal, penerapan dan pemanfaatan program Smart School tersebut akan dilakukan secara bertahap. Antara lain, program jangka pendek, jangka menengah dan jangkan panjang. “Nach untuk program jangka pendek, kita menetapkan empat sekolah yang disebut sebagai pilot projeck program Kartu Madani dan KIA kota Pekanbaru. Antara lain, SMPN 4, SMPN 1, SMPN 5 dan SMPN 10 Pekanbaru. Sementara untuk program jangka panjangnya, seluruh peserta didik di kota Pekanbaru akan memiliki Kartu Smart School,” sebut Abdul Jamal.

Dijelaskan Kadisdik Pekanbaru ini lagi, Kartu Identitas Anak (KIA) memiliki banyak manfaat bagi peserta didik. Selain berfungsi sebagai identitas diri, juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menabung, pembayaran transport, belanja jajanan di kantin sekolah bahkan untuk berbelanja di pasar umum dengan sistim non tunai, terangnya.

Selain itu kata Abdul Jamal, hasil koordinasi dengan pihak Disdukcapil Pekanbaru, bahwa kartu Smart madani ini, bisa digunakan sebagai identitas diri bagi anak -anak hingga berusia 16 tahun. Nantinya jika telah berusia 17 tahun, kartu tersebut bisa menjadi bahan persyarakat untuk mengurus KTP, paparnya.

Dia menambahkan, penerapan Kartu Smart Madani dan KIA ini merupakan kerjasama Pemko Pekanbaru dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Riau dan Bank Negara Indonesia (BNI) dalam mensukseskan program pemerintah, kata Jamal.

Lagi kata Abdul Jamal, program ini sangat bagus, karena dengan penerapan kartu Smart School, kita telah telah mengarahkan anak-anak untuk gemar menabung. Selanjutnya bisa jadi Septi bagi anak saat pergi sekolah. Karena tidak perlu lagi bawa uang untuk jajanan, cukup bawa KIA saja. Selain itu, untuk sekolah sendiri menjadi bukti pelajar, paparnya.

Dia berharap kepada seluruh orang tua siswa mendukung program ini agar berjalan dengan baik. Karena program ini merupakan bagian dari Visi Walikota Pekanbaru, Yakni, Pekanbaru Smart City madani, pungkasnya. (jsn).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here