Beranda blog

Menghadapi Tahapan Pilkada 2020, Kapolres Dan KPU Gelar Rapat Koordinasi

0
Suasana Rapat Koordinasi Jajaran Polresta Dumai Bersama KPU Dumai

DUMAI, SUARAPERSADA.com – Menghadapi Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020, Kapolres Dumai dan jajarannya bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai melaksanakan rapat koordinasi untuk persiapan dan kesiapan menghadapi Pilkada 2020 yang berlangsung Lobby Lantai II Polres Dumai,
Kamis (07/8-2020).

Kedatangan Ketua KPU Kota Dumai, Darwis, S.Ag bersama beberapa Komisioner KPU Kota Dumai lainnya disambut langsung oleh Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H, Wakapolres Dumai, Pejabat Utama Polres Dumai dan Kapolsek jajaran Polres Dumai.

Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H. mengatakan, dengan akan dimulainya Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020, kita ingin bersama-sama memastikan kesiapan dan persiapan KPU Kota Dumai agar setiap proses tahapan yang akan dilalui dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai serta tetap mematuhi protokol kesehatan cegah covid-19, terangnya.

Selain itu, pelaksanaan koordinasi juga diharapkan dapat mempererat jalinan silaturrahmi, terpeliharanya sinergitas dan solidaritas antara Polres Dumai serta Polsek Jajaran bersama KPU Kota Dumai selaku penyelenggara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, paparnya.

Dia mengajak dan menghimbau seluruh komponen untuk bekerjasama, saling mendukung dan berkoordinasi guna menyukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2020 yang aman, lancar dan damai,” ajak Kapolres Dumai seraya di aminkan Ketua serta Komisioner KPU Kota Dumai. ** (Tambunan/rls)

Pekan Depan, Tidak Patuhi Protokol Kesehatan Akan Ditindak

0
Walikota Pekanbaru, DR. Firdaus, ST. MT

PEKANBARU, SUARAPERSADA.com –Dengan telah diterbitkannya dan diberlakukannya Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 130 Tahun 2020, tentang Protokol kesehatan Covid-19,  maka  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan. Hal tersebut ditegaskan Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT, Kamis (6/8).

Dikatakan Walikota, penerapan hukumnya  akan dilakukan petugas di lapangan paling lambat awal minggu pekan depan. “untuk tahap awal akan dilakukan uji coba di lapangan terkait penindakan dan penegakkan hukum kepada warga yang melanggar protokol kesehatan Covid-19” ujar Wako.

Menurutnya, penindakan yang diberikan berupa sanksi administratif, berupa kerja sosial hingga denda mulai Rp 250 ribu sampai Rp1 juta bagi warga yang melanggar protokol kesehatan. Dan saat ini, tim masih dalam pemantapan sosialisasi,” ujarnya.

Menurut Walikota Pekanbaru,  kebijakan penerapan denda dan kerja sosial bagi pelanggar protokol kesehatan sudah disepakati dalam rapat Forkopimda Kota Pekanbaru.

Nantinya, Tim penegak hukum di lapangan akan dibagi dua. Ada tim yang bertugas melakukan pengawasan dan penindakan secara mobile dan ada yang memfokuskan penindakan melalui razia di titik-titik yang ditentukan, pungkasnya.(jsR)

Tim Opsnal Polsek Tambusai Utara Bekuk Seorang Pria Pelaku Curat di Mahato

0

ROHUL, SUARAPERSADA.com-Personel Polsek Tambusai Utara, kembali ungkap kasus pencurian dengan pemberatan (curat). Seorang pria berinisial DS warga Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara dibekuk Tim Opsnal Polsek Tambusai Utara, Kamis (30/7/2020).

DS ditetapkan sebagai tersangka, berdasarkan laporan korban HA Sinaga (41). Diduga DS mengasak seisi rumah saat rumah korban kosong karena tengah bepergian ke Sumatera Utara.

Informasi Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK melalui Paur Humas Polres  IPDA Feri Fadhli, Sabtu (1/8/2020), korban mengetahui rumahnya sudah dikuras tersangka setelah kembali dari Medan, Kamis (30/7/2029) sekitar pukul 01.00 dini hari.

Korban terkejut karena pintu belakang rumahnya kondisi terbuka. Karena curiga, korban dan anak-anaknya kemudian memeriksa rumah guna memastikan apakah ada barang berharga miliknya hilang.

“Hasil pemeriksaan dilakukan korban, 2 unit sepeda motor sudah tidak ada lagi di dalam gudang, termasuk surat Surat tanah dan 2 unit laptop juga hilang,” kata IPDA Feri Fadli

Setelah menyadari rumahnya dikuras habis maling, korban melaporkan kejadian ke Polsek Tambusai Utara. Atas laporan korban, pihak Polsek Tambusai Utara langsung lakukan penyelidikan terkait laporan tersebut. Hasil penyelidikan dilakukan Tim Opsnal Polsek Tambusai Utara, memperoleh informasi Pelaku berada di Desa Mahato.

“Tim Opsnal Polsek Tambusai Utara langsung meringkus tersangka juga berhasil mengamankan barang Bukti Kejahatan,” jelasnya.

Saat penangkapan, Polisi ikut mengamankan BB 1 unit readboy talking book, 1 unit laptop Toshiba, 1 unit sepeda motor Honda Supra X merah hitam tanpa nomor polisi dan kunci kontak, 1 tas hitam merk readboy talking book, 1 jas hujan hijau termasuk 7 lembar surat  tanah.***(DS)

Zulfahrianto, SE Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua DPC K.SPSI Rokan Hulu

0
Lambang/logo KSPSI

ROHUL, SUARAPERSADA.com-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Riau melakukan perombakan terhadap susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) Rokan Hulu priode 2020-2023.

Perombakan tersebut sesuai dengan SK DPD K.SPSI Provinsi Riau No.KEP-112/DPD-K.SPSI/VIII/2020 tertanggal 01 Agustus 2020 tentang  Pengukuhan Komposisi dan Personalia DPC K.SPSI Rokan Hulu.

Dalam lampiran surat keputusan tersebut,Zulfahrianto SE Sebagai Ketus DPC K.SPSI Rokan Hulu, Hendri Topo dan Syahrial Antoni sebagai Wakil Ketua, Bahtarudin.HSB menjabat sebagai sekretaris dan Maisar menjabat sebagai bendahara serta Can(DR) Hendri,SH,MH,CPLC,CPCLE menjabat bagian Hukum.

Dengan ditetapkannya Zulfahrianto SE sebagai ketua DPC K.SPSI  menjadi momentum bagi DPC K.SPSI serta diharapkan berdampak positif membawa bendera K.SPSI ini semakin solid kedepan. Komunikasi yang sudah dibangun sebelumnya akan tetap di pertahankan dan dikembangkan untuk kemajuan organisasi ini.

Zulfahrianto SE yang biasa panggilan akrabnya Anto Sontang mengucapkan terima kasih kepada  pengurus DPD K.SPSI Riau  yang telah memberikan kepercayaan pada dirinya sebagai Ketua DPC K.SPSI Rokan Hulu.

“Kepercayaan yang diberikan merupakan suatu amanah bagi saya dan harus saya pertangung jawabkan agar kedepannya  organisasi ini dapat berkembang. dalam kesempatan ini saya ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya atas kepercayaan yang diberikan,” ujarnya kepada Wartawan,Rabu 05/08/2020.***(DS)

Tim Pidsus Kajari Pelalawan Gelar Eksekusi Uang Pengganti Kasus Bahti Praja Dari Terpidana

0
Tim Eksekutor Tindak Pidana Khusus Kejari Pelalawan Dengan Uang Hasil Sitaan

PELALAWAN, SUARAPERSADA.com– Kamis Tanggal 06 Agustus 2020 Tim Eksekutor Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pelalawan Kembali melaksanakan eksekusi Uang Pengganti dari terpidana Al Azmi, SH melalui pihak keluarga (anak kandung terpidana) sebesar Rp 350.000.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) berdasarkan Putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Tanah untuk Perluasan Perkantoran Dinas Bhakti Praja T.A 2007, 2008,2009, dan 2011 di Kabupaten Pelalawan.

Sehingga Total Pemulihan Uang Negara yg berhasil diselamatkan dari Terpidana Al Azmi, SH adalah sebesar Rp850.000.000,- (Delapan Ratus Lima Puluh Juta Rupiah)* dengan rincian sbb:

1. Ansuran pertama pada hari Rabu 29 Juli 2020 sebesar Rp. 500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah) ;

2. Angsuran kedua pada hari Kamis tanggal 06 Agustus 2020 sebesar Rp. 350.000.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Selanjutnya melalui Bendahara Penerima Kejari Pelalawan menyetorkannya ke Kas Negara melalui Bank BRI Kantor Cabang Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan yang disaksikan langsung oleh Pimpinan Cabang Bank BRI Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.(DIR***)

Disaksikan Bupati Rokan Hulu, Ranperda Disahkan Menjadi Perda

0
Bupati Rohul Sukiman

ROHUL, SUARAPERSADA.com- Paripurna DPRD Rokan Hulu tentang pembahasan Ranperda terhadap pertanggungjawaban APBD Th.2019 serta sekaligus pengambilan keputusan terhadap Ranperda tersebut, Selasa (4/8/2020).

Hadir dalam Paripurna tersebut Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Serta Tampak Juga Sekretaris Daerah Rokan Hulu, dan Kepala Dinas, Badan Dilingkungan Pemerintah Daerah Rokan Hulu.

Dalam pelaksanaan paripurna yang diawali dengan penyampaian laporan dari hasil pembahasan dari Badan Anggaran (BANGGAR) tentang Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Th.2019 yang di sampaikan oleh Juru Bicara BANGGAR Arisman.

Dalam Laporannya Arisman menyampaikan bahwa pembahasan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Th. 2019 disusun oleh BANGGAR dengan urutan berupa dasar pembahasan, waktu pembahasan, hasil pembahasan, saran dan kesimpulan, dan penutup.

Arisman menyampaikan bahwa pembahasan dilakukan oleh Banggar DPRD bersama dengan Banggar pemerintah daerah atau TAPD yang dimulai pada tanggal 19 Juli 2020 sampai pada tanggal 3 Agustus 2020.

Dari hasil pembahasan serta memberikan berbagai saran maka Badan Anggaran DPRD Rokan Hulu menyimpulkan bahwa pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Rokan Hulu tahun 2019 telah dapat diterima dan telah dilaksanakan oleh badan anggaran DPRD Rokan Hulu sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Badan anggaran DPRD Rokan Hulu juga meminta kepada Ketua DPRD Rokan Hulu melalui Paripurna ini agar Ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Rokan Hulu tahun 2019 bisa disahkan menjadi peraturan Daerah dan agar semua orang mengetahuinya dan dimasukkan ke dalam lembaran Daerah.

Selanjutnya Bupati Rokan Hulu H.Sukiman Dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dewan atas upayanya di dalam membahas ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019, yang mana Di dalam pembahasan tersebut telah banyak menerima saran dan pendapat yang berkembang pada setiap bidang pembahasan dan juga telah memberikan masukan dan saran dalam upaya penyempurnaan ranperda.

Bupati menyampaikan bahwa hal ini merupakan sebagai bahan evaluasi dan kontribusi positif bagi pemerintah untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi membangun Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati H.Sukiman atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik yang telah disetujuinya ranperda tersebut.

Usai dengan sambutan Bupati Rokan Hulu, Ketua DPRD Rokan Hulu Novli Wanda Ade Putra, ST menanyakan kepada seluruh Anggota DPRD yang hadir terkait pengesahan Ranperda menjadi Perda dan disahkan secara langsung oleh Ketua DPRD yang di saksikan oleh Bupati Rokan Hulu serta segenap yang hadir.***(DS)

Warga Minta Bupati Rohul Perjuangkan SHJ Buah Sawit dan Pembangunan Jalan Poros Desa Tapung Jaya

0
Bupati Rohul, Sukiman Saat Kunker di Tapung

ROKAN HULU, SUARAPERSADA.com – Kunjungan kerja Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Sukiman ke Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Selasa(4/8/2020), menjadi ajang penyampaian keluh kesah oleh masyarakat.

Salah satu permintaan masyarakat Tapung Jaya adalah agar pemerintah membantu penyesuaian harga jual TBS di PKS Rohul Sawit Industri disamakan dengan harga jual di luar.

Selain itu, warga juga meminta kepada Bupati Rohul H. Sukiman untuk melanjutkan pembangunan pengaspalan jalan poros desa dengan estimasi hanya 600 meter sebagai akses pertanian warga dan pendidikan.

Hal itu dikatakan Tokoh Masyarakat Tapung Jaya Syarif Kadis dalam sambutannya disela Pembagian BLT-DD Tahap IV di desa Tapung Jaya.

Turut juga dihadir Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Kadis Kominfo Rohul Drs. Yusmar M. Si, Kadis DKPP Rohul Barikun SP, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Camat Tandun, Pj Kades Tapung Jaya Imam Wahyudi dan Masyarakat.

Syarif Khadismenjelaskan, Desa Tapung Jaya yang merupakan salah satu desa yang menjadi Pilar Program Kemitraan dengan perusahaan dilahan perkebunan transmigrasi sejak tahun 1997.

Untuk itu, ditahun 2020 Syarif Khadis berharap jumlah penduduk Desa Tapung Jaya yang berjumlah 2.815 orang, dan 85 persen adalah petani, agar mendapatkan penyesuaian harga TBS sesuai standar harga yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Tambah sedihnya harga TBS di Desa Satu (Desa Tapung Jaya) ini masih dibawah harga TBS tempat lainnya, ironisnya kami warga tempatan yang bertetangga dengan PKS Rohul Sawit Industri memberlakukan perbedaan harga dengan warga daerah lainnya yang menjual TBS di PKS, tentu hal ini tidak menguntungkan petani,” kata Syarif”.

Ilustrasi Jalan Rusak

Menanggapi keluhan warga Tapung Jaya, Bupati Rohul H. Sukiman terkait pengapalan jalan poros desa, diakui Sukiman memang ditahun 2020 ini sudah direncanakan, namun karena ditengah Pandemi Covid-19 seluruh pembangunan ditunda.

“Masalah jalan memang sudah kita rencanakan, karena adanya Pandemi ini menganggu pembangunan yang sudah kita rencanakan, karena sumber anggaran dari Pemerintah Pusat untuk daerah di stop, baik DBH dan DAK di stop sesuai PMK tanggal 17 April 2020 lalu, sehingga uang yang seyogyanya digunakan untuk melanjutkan pembangunan ditunda,” kata Sukiman

Namun demikian, Dikatakan Sukiman akan diupayakan pembangunan infrastruktur jalan poros desa Tapung Jaya pada tahun 2021, dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat jalan yang sudah dibangun. Ia meminta kepada Pemerintah Desa dan masyarakat untuk membuat portal agar kendaraan yang melebihi tonase yang tinggi tidak bisa melintasi jalan tersebut.

Terkait perbedaan harga TBS masyarakat, Bupati H. Sukiman mengaku sudah berkomunikasi dengan Plantation Advisor PKS Rohul Sawit Industri TM Nababan, Bupati meminta kepada PKS untuk menyamakan harga jual TBS tanpa ada perbedaan, sesuai standar harga yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Tadi saya sudah berbicara dengan pak TM Nababan, untuk meminta menyamakan harga jual TBS masyatakat Tapung Jaya, agar masyarakat kita sejahtera. Jadi kalau tidak terealisasi itu laporkan sama saya, akan saya cek itu kebenarannya,” tegas Sukiman

Diakui Sukiman, sudah sepantasnya harga jual TBS disamakan dengan yang lainnya, karena selain warga tempatan, Desa Tapung Jaya juga terdampak secara langsung dari PKS tersebut, seperti Asap, Limbah dan sampahnya.

Sementara itu, Plantation Advisor PKS Rohul Sawit Industri TM Nababan kepada awak media mengatakan perbedaan harga jual TBS dengan warga lain karena ada subsidi Transport.

“Karena orang jauh yang jual di PKS, kita berikan subsidi transport agar bisa memasukkan buahnya sama kita. Jadi kita tidak membeda-bedakan harga orang disini dengan orang lain, kalau orang jauh kita kasih subsidi transport antara Rp 50 – Rp 100,” kata TM Nababan.***(Adv/ Pemkab Rohul)

Biddokes Gelar Supervisi Dan Pemeriksaan Kesehatan Personil Jajaran Polres Dumai

0
Suasana Pemeriksaan Kesehatan Personil Polres Dumai

DUMAI, SUARAPERSADA.com – Bidang Dokter Dan Kesehatan (Biddokes) Polda Riau melaksanakan Supervisi dan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Berkala T.A. 2020 kepada Personil Polres Dumai dan Polsek Jajaran, Rabu (05/08-2020) bertempat di Gedung Citra Waspada Polres Dumai.

Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Berkala oleh Biddokes Polda Riau secara rutin dilaksanakan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personil guna mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H kepada media menjelaskan, bahwa tim Supervisi (pengawasan) Biddokkes, Rikkes berkala dan melihat keadaan anggota yang sakit menahun dipimpin oleh Ps Kaur Kesmapta Subbid Kespol Biddokes Polda Riau, dr. AKP FIRMANSYAH. D.A, SP. PD didampingi 6 Personil Biddokkes Polda Riau dan petugas Laboratorium Eka Hospital sebagai pelaksana Rikkes Berkala Tahun 2020.

“Pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala oleh Bidang Dokter dan kesehatan (Biddokes) Polda Riau diikuti oleh 77 Personil Polres Dumai meliputi pengecekan darah lengkap, Rontgen, pengecekan fisik seperti tinggi badan, berat badan dan lingkar pinggang, pemeriksaan Gigi, Observasi Treadmill dan pengecekan EKG,” jelas AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H.

Sementara itu, tim Biddokkes Polda Riau juga mengunjungi beberapa kediaman personil Polres Dumai untuk melihat dan melakukan pemeriksaan terhadap keadaan personil Polres Dumai yang sakit menahun.

“Tim Biddokkes Polda Riau mengunjungi 5 (lima) personil Polres Dumai yang sakit menahun diantaranya ialah AKP Saharuddin ZK, AKP Bethesda, Aiptu Hotman Hasibuan, Aipda Parlin Sirait dan Aipda Daud Harahap. Mari kita bersama-sama mendoakan agar seluruh personil yang sakit segera diberikan kesembuhan, dan bagi personil lainnya agar dapat menjaga dan memelihara kesehatannya,” himbau Kapolres Dumai.

Pantauan dilapangan, hasil lengkap diagnosa pemeriksaan akan disampaikan menyusul melalui Klinik Parama Pratama Satwika Polres Dumai, dan seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan cegah covid-19 serta pembatasan fisik, ungkapnya. **  (Tambunan/rls)

Polsek Ujung Batu Amankan Lima Pelaku Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika

0
Tersangka Beserta Barang Bukti

ROHUL, SUARAPERSADA.com –Jajaran Polsek Ujungbatu, Polres Rokan Hulu (Rohul) mengamankan lima tersangka dugaan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis Sabu, Kamis (30/7/2020) sekitar pukul 22.00 Wib.

“Terduga Pelaku IR, (24), pengangguran warga Desa Suka Damai (Pelaku pengedar Narkotika jenis Sabu), pengangguran RD, (34), Desa Suka Damai (Perantara jual beli Narkotika jenis Sabu),” kata Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK melalui Paur Humas IPDA Feri Padhli, SH, Rabu (5/8/2020).

Lanjut Paur Humas, terduga pelaku lainnya, EPM (27) Tidak bekerja, Desa Suka Damai (Memiliki dan menguasai Narkotika jenis Sabu) dan FAS , perempuan (29) , tidak bekerja, rumah petak milik Manrni belakang rumah sakit Az-Zahra RK Harapan Kelurahan Ujung Batu (Mengetahui adanya tidnak pidana penyalahgunaan narkotika, namun tidak melaporkannya) kondisi dalam keadaan hamil sesuai hasil Test Kehamilan.

“Turut diamankan 1 orang dengan identitas ZH (26) , Tani, Gang Melatu Sei Teriak Hulu Kecamatan Ujung Batu (Calon pembeli narkotika jenis Sabu),” ungkap IPDA Feri Padhli, SH

Masih Paur Humas, Tempat Kejadian Perkara (TKP) penangkapan
rumah petak milik Manrni belakang rumah sakit Az-Zahra RK Harapan Kelurahan Ujung Batu.

“Adapun Barang Bukti (BB) dari tersangka IR 3 paket narkotika jenis Sabu, 1 kotak rokok Sampoerna, 1 buah Deodorant merek Rexona warna kuning, 1 buah pisau cutter, 1 pipet dan 1 set bong terbuat dari botol minuman merek Yakult,” ungkapnya.

Seterusnya, sambung IPDA Feri, dari tersangka RD, Uang sejumlah Rp 650.000, 1 unit sepeda motor merek Honda Scoopy dan 1 kunci kontak sepeda motor merek Honda. Sedangkan, dari tersangka EPM, 1 paket narkotika jenis shabu dibungkus plastik putih bening, 1 helai plastik putih bening, 1 unit sepeda motor merek Honda Scoopy dan 1 kunci kontak sepeda motor merek Honda.

“Kemudian dari ZH, 1 buah kaca pirek, 1 unit sepeda motor merek Honda Beat, 1 dan kotak rokok merek Magnum warna biru,” tambah Paur Humas

Kronologi penangkapan, Kamis 30 Juli 2020 pada pukul 19.00 Wib, Panit I Reskrim mendapat informasi bahwa diduga pelaku tindak berdasarkan LP tersebut di atas sedang berada di rumah petak milik Manrini belakang rumah sakit Az-Zahra RK Harapan Kelurahan Ujung Batu.

Kemudian Panit I Reskrim dan Kapolsek Ujung Batu AKP Amru Hutauruk, SH beserta anggota langsung menuju lokasi dan pada saat berjalan kaki lokasi yang dituju terlihat seorang laki-laki yaitu RD (target) melintas, kemudian RD diberhentikan dan ditanyai letak rumah IR, kemudian RD menunjukkan rumah kontrakan IR.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan dan penangkapan terhadap IR, EPM dan FAS yang ada didalam rumah tersebut dan ditemukan barang bukti berupa 2 paket narkotika jenis shabu dibungkus plastik putih bening didalam kotak rokok sampoerna ditangan tersangka IR, 1 paket narkotika jenis shabu dibungkus plastik putih bening didalam deodorant merek Rexona warna kuning di ruangan kamar FAS, 1 paket narkotika jenis shabu dibungkus plastik putih bening didekat tersangka EPM, saat dilakukan penggeledahan datang ZU

Selanjutnya dilakukan penggeledahan terhadapnya dan ditemukan 1 buah kaca pirek didalam kotak rokok merek Magnum dan saat diinterogasi ZU datang ke rumah IR untuk membeli narkotika jenis shabu serta penangkapan tersebut disaksikan Ketua RT Chairul Anwar

“Selanjutnya BB dan pelaku dibawa ke Polsek Ujung Batu guna proses lanjut,” pungkas Paur IPDA Feri Padhli, SH mengakhiri.***(DS)

Kejari Pelalawan Terima Pelimpahan Perkara Perdagangan Gading Gajah Dari  Polda Riau

0
Polda Riau Menyerahkan Tersangka Kepada Kejari Pelalawan

PELALAWAN, SUARAPERSADA. com–.Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan telah menerima pelimpahan berkas perkara beserta barang bukti tindak pidana perdagangan organ satwa berupa Gading Gajah dari Polda Riau.Pelimpahan perkara ini dilakukan di kantor Kejari Pelalawan, Rabu (05/08/2020).

“Perkara inikan sebenarnya ditangani oleh Polda Riau,namun karena tempat kejadian dilakukannya tindak pidana tersebut (Locus delicti) berada di Pelalawan,jadi perkaranya dilimpahkan ke Kejari Pelalawan”, ungkap Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Pelalawan, Agus Kurniawan, SH kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (05/08/2020).

Dijelaskannya,bahwa dalam perkara tersebut terdakwa ada satu orang berinisial SOL (43),merupakan warga Pangkalan Kerinci yang pada saat itu bekerja sebagai mandor plantation (Penanaman) PT. RAPP di Sektor Baserah.

Adapun barang bukti yang diterima saat pelimpahan berupa Gading Gajah sebanyak 2 buah,berukuran  60 cm dengan berat 3kg.Rencananya gading gajah tersebut akan dijual terdakwa dengan harga 7 juta per kilogramnya.

“Terdakwa diancam dengan pasal 40 ayat (2) jo pasal 21 ayat (2) huruf D Undang-undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya,dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda maksimal 100 juta rupiah.

“Saat ini terdakwa dititip di tahanan Polres Pelalawan.Kita tengah melakukan penyusunan dakwaan dan kelengkapan administrasi untuk dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Pelalawan”,ungkapnya.

Sementara jaksa yang akan menangani perkara ini sebanyak 5 orang jaksa,yang terdiri dari 2 orang dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau dan 3 orang dari Kejari Pelalawan yakni : Ray Leonardo, SH, Lidya Eka Putri, SH, Yuliana Sari, SH.

Kata Agus bahwa,Perkara tersebut berawal ketika terdakwa mendapatkan 2 (dua) buah Gading Gajah  pada saat ia masih bekerja di PT RAPP di sektor Baserah sebagai Mandor Plantation

areal tanaman eaucaliptus.Kemudian terdakwa berniat mengambil gading gajah yang mati tersebut dengan cara menarik gading gajah satu persatu dari depan belalainya dan membawanya ke Compartemen dan mengikat kedua gading gajah tersebut di atas pohon akasia dengan menggunakan tali karet selama lebih kurang 3 (tiga) bulan.

Kemudian setelah 3 (tiga) bulan disimpan,terdakwa mengambil setelah ada yang mau membeli,dan hendak menjual gading gajah tersebut dengan harga 7 juta per kilogramnya,namun terdakwa tertangkap terlebih dahulu sebelum terjual.(DIR***

BERITA TERBARU

318FansSuka
256PengikutMengikuti
PelangganBerlangganan